Gunadarma University

Selasa, 05 Januari 2016

REVIEW JURNAL MOTIVASI KELOMPOK APEL

 KELOMPOK APEL
3 PA 06
ADAM ZAINI BACHRI                  ( 10513121 )
DEA SEPTIANI                               ( 12513071 )
LULU YOLANDA SYIFA              ( 14512271 )
MARCHIA DHIYA FATHIN         ( 15513260 )
NAZHIRA SARFINA                      ( 16513370 )
RAKA NOVANDRA                       ( 17513213 )

REVIEW JURNAL
MOTIVASI
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI MANAGEMENT
JUDUL JURNAL : PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP PGRI 16 BRANGSONG KABUPATEN KENDAL
NAMA JURNAL : ECONOMIC EDUCATION ANALYSIS JOURNAL
NAMA PENULIS : Astuti, Wiwin Wiji , FX.Sukardi, Partono

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam jurnal yang berjudul “pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPS terpadu kelas VIII SMP PGRI 16 BRANGSONG KAB> KENDAL” Slameto (2010) mengemukakan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar dibeda­kan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang be­rasal dari dalam diri siswa, seperti disiplin bela­jar, kondisi fisiologis (keadaan fisik dari siswa), kondisi psikologi (kecerdasan, bakat, minat, motivasi). Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti faktor lingkun­gan, alat instrument (kurikulum, metode pembe­lajaran, sarana dan fasilitas serta guru/pengajar). Menurut Sardiman (2007) dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan karena hasil belajar akan optimal kalau ada motivasi”. Siswa akan berhasil dalam belajar apabila dalam diri siswa ada suatu keinginan untuk belajar. Keinginan be­lajar akan berpengaruh terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar di sekolahan, apabila me­milki keinginan atau motivasi maka berpengaruh terhadap kegiatan belajar di kelas sehingga men­jadi siswa yang aktif di kelas. Dalam kegiatan belajar mengajar, tugas siswa adalah belajar apa­bila siswa tidak berbuat sesuatu yang seharusnya dikerjakan yaitu belajar maka perlu diselediki sebab-sebabnya.

B.     Rumusan Masalah
Adanya pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa



BAB II
KAJIAN PUSTAKA
1.      Motivasi belajar
Menurut Sardiman (2007) dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan karena hasil belajar akan optimal kalau ada motivasi”. Siswa akan berhasil dalam belajar apabila dalam diri siswa ada suatu keinginan untuk belajar. Keinginan be­lajar akan berpengaruh terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar di sekolahan, apabila me­milki keinginan atau motivasi maka berpengaruh terhadap kegiatan belajar di kelas sehingga men­jadi siswa yang aktif di kelas. Dalam kegiatan belajar mengajar, tugas siswa adalah belajar apa­bila siswa tidak berbuat sesuatu yang seharusnya dikerjakan yaitu belajar maka perlu diselediki sebab-sebabnya
2.      Proses pembelajaran
Hal ini sesuai dengan pernyataan Tu’u dalam Imroah (2008) yang menyatakan bahwa unsur yang ada dalam hasil belajar adalah prestasi belajar dan nilai siswa. Mengemukakan beberapa pendapat lain mengenai prestasi belajar yaitu: (1) Prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah, (2) Presta­si belajar tersebut terutama dinilai sebagai aspek kognitifnya, (3) Prestasi belajar juga dibuktikan dan ditunjukan melalui nilai atau angka nilai dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap tugas siswa dan ulangan-ulangan atau ujian yang ditempuhnya. Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran disekolah yang ditunjukan dengan nilai atau angka sesuai batas ketuntasan mini­mum yang telah ditetapkan oleh sekolah



BAB III
METODOLOGI
C.     Pendekatan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif

D.    Subjek Penelitian
Populasi peneli­tian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal yang berjumlah 116 siswa karena penelitian ini adallah pene­litian populasi maka diperoleh sampel sebesar 116 siswa  


E.     Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dikakukan dengan cara menggunakan angket dan dokumentasi. berganda, dan uji hipotesis.

F.      Analisis Data
Metode analisis data meng­gunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, uji asumsi klasik, dan analisis regresi.





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar