KELOMPOK
APEL
3
PA 06
ADAM
ZAINI BACHRI ( 10513121 )
DEA
SEPTIANI (
12513071 )
LULU
YOLANDA SYIFA ( 14512271 )
MARCHIA
DHIYA FATHIN ( 15513260 )
NAZHIRA
SARFINA ( 16513370 )
RAKA
NOVANDRA ( 17513213
)
REVIEW JURNAL
MOTIVASI
UNTUK MEMENUHI
TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI MANAGEMENT
JUDUL JURNAL : PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN
METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP PGRI 16
BRANGSONG KABUPATEN KENDAL
NAMA JURNAL : ECONOMIC EDUCATION ANALYSIS
JOURNAL
NAMA PENULIS : Astuti,
Wiwin Wiji , FX.Sukardi, Partono
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam jurnal
yang berjudul “pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil
belajar IPS terpadu kelas VIII SMP PGRI 16 BRANGSONG KAB> KENDAL” Slameto (2010) mengemukakan bahwa faktor yang mempengaruhi
hasil belajar dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor
eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa,
seperti disiplin belajar, kondisi fisiologis (keadaan fisik dari siswa),
kondisi psikologi (kecerdasan, bakat, minat, motivasi). Faktor eksternal adalah
faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti faktor lingkungan, alat
instrument (kurikulum, metode pembelajaran, sarana dan fasilitas serta guru/pengajar).
Menurut Sardiman (2007) dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan karena
hasil belajar akan optimal kalau ada motivasi”. Siswa akan berhasil dalam
belajar apabila dalam diri siswa ada suatu keinginan untuk belajar. Keinginan
belajar akan berpengaruh terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar di
sekolahan, apabila memilki keinginan atau motivasi maka berpengaruh terhadap
kegiatan belajar di kelas sehingga menjadi siswa yang aktif di kelas. Dalam
kegiatan belajar mengajar, tugas siswa adalah belajar apabila siswa tidak
berbuat sesuatu yang seharusnya dikerjakan yaitu belajar maka perlu diselediki
sebab-sebabnya.
B.
Rumusan Masalah
Adanya pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar
siswa
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
1.
Motivasi belajar
Menurut Sardiman (2007) dalam proses belajar,
motivasi sangat diperlukan karena hasil belajar akan optimal kalau ada motivasi”.
Siswa akan berhasil dalam belajar apabila dalam diri siswa ada suatu keinginan
untuk belajar. Keinginan belajar akan berpengaruh terhadap aktivitas siswa
dalam proses belajar di sekolahan, apabila memilki keinginan atau motivasi
maka berpengaruh terhadap kegiatan belajar di kelas sehingga menjadi siswa
yang aktif di kelas. Dalam kegiatan belajar mengajar, tugas siswa adalah
belajar apabila siswa tidak berbuat sesuatu yang seharusnya dikerjakan yaitu
belajar maka perlu diselediki sebab-sebabnya
2.
Proses pembelajaran
Hal ini sesuai dengan pernyataan Tu’u dalam
Imroah (2008) yang menyatakan bahwa unsur yang ada dalam hasil belajar adalah
prestasi belajar dan nilai siswa. Mengemukakan beberapa pendapat lain mengenai
prestasi belajar yaitu: (1) Prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang
dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran
di sekolah, (2) Prestasi belajar tersebut terutama dinilai sebagai aspek
kognitifnya, (3) Prestasi belajar juga dibuktikan dan ditunjukan melalui nilai
atau angka nilai dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap tugas
siswa dan ulangan-ulangan atau ujian yang ditempuhnya. Berdasarkan pengertian
diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang
dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran
disekolah yang ditunjukan dengan nilai atau angka sesuai batas ketuntasan minimum
yang telah ditetapkan oleh sekolah
BAB III
METODOLOGI
C.
Pendekatan
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif
D.
Subjek Penelitian
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII
SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal yang berjumlah 116 siswa karena
penelitian ini adallah penelitian populasi maka diperoleh sampel sebesar 116
siswa
E.
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dikakukan dengan cara menggunakan angket dan
dokumentasi. berganda, dan uji hipotesis.
F.
Analisis Data
Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat
analisis, uji asumsi klasik, dan analisis regresi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar